Kampung Inggris Sepi? Berikut Beberapa Hikmah yang Bisa Diambil

kampung inggris sepi

KAMPUNG INGGRIS – Sedikit cerita dari salah seorang mentor dari kursusan besar yang ada di kampung inggris, sebut saja Mr. Al namanya menceritakan tentang adanya lockdown yang terjadi di kampung inggris saat ini menyebabkan jumlah murid yang sedang kursus di kampung inggris berkurang cukup banyak, beberapa diantaranya ada yang memilih pulang dengan kompensasi biaya pendaftaran di refund sesuai dengan kelas yang belum diambil. Serta ada juga sebagian tutor yang memilih pulang sambil menunggu keadaan agar kembali kondusif seperti semula.

Berkurangnya jumlah murid dan tutor juga berdampak pada sepinya minat beli di kampung inggris, sebab pasalnya memang pelanggan utama yang ada di kampung inggris adalah murid dan tutor yang ada di lembaga kursus Kampung Inggris Pare. Hal ini seperti yang diceritakan oleh salah seorang pramusaji dari kedai kopi yang lokasi tidak jauh dari pusat kampung inggris, yang menceritakan bahwa dalam beberapa hari setelah adanya pengumuman lockdown di kampung inggris yang dikarenakan adanya isu tentang virus Corona jumlah pengunjung di kedai tersebut menurun cukup banyak bahkan untuk hari-hari weekend sekalipun.

Dari sepinya Kampung Inggris maka dapat dipastikan bahwa perekonomian yang ada di Kampung Inggris juga mengalami penurunan tidak terkecuali pada lembaga kursus bahasa Inggris itu sendiri. Lantas dari hal tersebut kegiatan apa yang seharusnya dilakukan oleh para pendidik yang tinggal di Kampung Inggris? yang jelas dari keadaan seperti ini pun, pastinya ada hikmah yang dapat diambil. Berikut beberapa pemaparan tentang hikmah yang dapat diambil selama periode ini berlangsung.

  1. Momentum Untuk Melakukan Evaluasi Diri

Tidak perlu dipertanyakan seberapa terkenalnya Kampung Inggris di seluruh Indonesia, saking terkenalnya hampir semua orang ingin meduplikasinya di daerahnya masing-masing. Akan tetapi tidak semuanya berhasil melakukannya sama seperti yang ada di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem. Terdapat banyak orang yang berhasil mengenyam pendidikan di Kampung Inggris hingga sukses meningkatkan kemampuan berbahasanya sampai ke tingkat lanjut atau bahkan telah sampai ke tahap master bahasa Inggris serta ada juga yang sampai berhasil meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di luar negeri serta meningkatkan karir yang lebih tinggi lagi. Kampung Inggris yang sepi ini, dapat digunakan sebagai waktu time out sejenak untuk beristirahat dari kesibukan sehari-hari serta melakukan introspeksi diri dan meningkatkan kualitas diri yang selama ini tidak bisa dilakukan karena jadwal rutinitas yang padat.

Langkah introspeksi yang paling strategis yang dapat dilakukan khususnya untuk setiap lembaga kursus yang ada ialah dengan mengevaluasi kegiatan kegiatan pembelajaran atau lebih spesifiknya yaitu dengan mengukur setiap detail dari metode pembelajaran atau kurikulum yang diajarkan agar nantinya dapat memberikan pendidikan terbaik bagi seluruh member yang belajar di Kampung Inggris nantinya. Selanjutnya adalah dengan mengevaluasi pola manajerial yang telah diterapkan, baik hal itu dalam segi operasional maupun pemasarannya. hal tersebut tergantung pada masing-masing lembaga kursus ingin mengembangkannya ke arah mana.

2. Mengurangi Polusi dan Sampah

Kampung Inggris seakan tidak pernah beristirahat menerima puluhan ribu member setiap tahunnya. Namun meskipun demikian, sudah pasti tidak dapat dipungkiri bahwa datangnya jumlah pengunjung juga disertai dengan polusi dan sampah setiap harinya. Misalnya saja sampah dari asrama yang dihuni oleh para member, mulai dari sampah dapur, sampah kamar mandi, dan lain sebagainya juga akan bertambah. Apa bila Kampung Inggris sedang dalam kondisi sepi seperti saat ini, otomatis sampah yang dihasilkan pun juga akan berkurang.

Disamping sampah rumah tangga yang sudah disebutkan, kehadiran pengunjung di Kampung Inggris juga memberikan dampak polusi udara, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya halu-lalang angkutan travel yang membawa pengunjung baru dari luar daerah yang jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit, apa lagi saat musim liburan sekolah tiba. Dengan adanya situasi lockdown seperti saat ini juga akan berdampak pada pengurangan jumlah polusi udara yang dihasilkan sehingga para member yang telah berkunjung di Kampung Inggris juga para penduduknya bisa merasakan urada segar pedasaan yang pastinya jauh lebih sehat karena terhindar dari polusi udara kendaraan bermotor.

3. Mencari Peluang Baru

Kampung Inggris telah banyak memberikan manfaat bagi siapapun yang terlibat didalamnya. Jika Kampung Inggris sedang sepi, bukan berarti waktunya untuk bersantai dan menunggu situasi membaik seperti sediakala. Inisiatif untuk bergerak maju dan mencari peluang baru sangatlah dibutuhkan. Peluang dalam hal ini tentu saja berkaitan dengan cara mendapatkan uang pemasukan agar dapur tetap ngepul kalau kata orang.

Mulai mengumpul informasi sebanyak mungkin yang bisa didapatkan supaya bisa memberikan keputusan yang tepat. Semisal tidak ada salahnya jika memanfaatkan peluang untuk mendapatkan relasi yang sekiranya dapat memberikan kita peluang usaha baru, toh dengan memiliki banyak relasi yang notabene pengunjung di Kampung Inggris dari seluruh Indonesia sudah tentu akan mendatangkan manfaat yang baik untuk kita. Serta dengan kemajuan teknologi saat ini memungkinkan kita tetap bisa menjalin hubungan baik dengan relasi kita apabila mereka telah pulang ke kampung halamannya masing-masing. Salah satu usaha yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan membuka kelas online course dengan metode belajar ala Kampung Inggris tentunya.

4. Lebih Dekat Dengan Keluarga

Hampir di sepanjang tahun, sebagian besar pengunjung yang ada di Kampung Inggris disibukkan dengan rutinitas belajar dengan jadwal yang padat, bahkan juga ditambah dengan kegiatan yang bersangkutan dengan tugas diluar kelas atau kegiatan operasional lembaga kursus sehingga waktu yang bisa dinikmati bersama keluarga menjadi relatif sedikit.

Terdapat kutipan menarik yang dapat direnungkan bersama, bahwa kebahagiaan keluarga bukan terletak pada seberapa mahal kita dapat memlikan mereka suatu barang, melainkan seberapa banyak waktu yang bisa kita nikmati untuk sekedar bercengkrama dan saling bertukar cerita. Sebab ada pihak yang juga membutuhkan kehadiran kita seperti orang tua yang ingin sekedar berkumpul dan menikmati waktu bersama, anak-anak yang ingin bermain besama, dan pasangan yang ingin memiliki waktu bersama untuk sekedar bercerita melepas lelah setelah lelah bekerja seharian.

***

Tidak semua pihak suka dengan situasi Kampung Inggris yang sepi. Namun dibalik itu semua, ada peringatan untuk dapat selalu menjaga Kampung Inggris dengan penuh semangat dan optimisme. Setiap kejadian yang terjadi di Indonesia, sedikit banyak pasti juga akan memiliki dampak terhadap Kampung Inggris. Hal tersebut dirasa lumrah sebab keberadaan Kampung Inggris sendiri sudah terkenal di khalayak luas, sudah selayaknya kita rawat dan lestarikan bersama

Mari Kita Mencari Hikmah dan Manfaat dari Situasi Kampung Inggris yang Sepi Ini. 🙂

One thought on “Kampung Inggris Sepi? Berikut Beberapa Hikmah yang Bisa Diambil

  1. adit says:

    Di kampung inggris apakah ada lembaga yang menyediakan online course ya kak? kalau ada yang recommended dimana ya? hehe infonya ya min.. thx

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *